Selasa, 23 Juli 2013

Salam 5 Cinta





Salam 5 Cinta yang menjadi kebanggan gerakan kaum muda dari Tunas Indonesia Raya (Tidar), salah satu sayap Partai Gerindra, sedang digemakan di Bali. Pasalanya, kelompok kaum muda ini sedang mempunyai hajatan besar di Bali bertajuk Tidar Cup ke-V, yang merupakan even rutin tahunan sayap partai Gerindra ini.
“Pada momen yang berbahagia ini, kami sengaja untuk mengajak para kaum muda untuk berpartisipasi penuh dengan kegiatan yang positif ini. Dan sekaligus kami mencoba mengumandangkan 5 nilai organisasi kami yang disebut 5 Cinta, sebagai prinsip organisasi kami yang mengajak semua kalangan muda untuk terlibat dalam politik secara kreatif. Karena Tidar adalah gaya hidup, Tidar adalah identitas bagi kaum muda,” ujar Cornelius A. Fabian, Sekretaris Pengurus Daerah TIDAR Bali saat jumpa pers, Minggu (23/6) di Denpasar.
 Salam 5 Cinta, tak lain adalah Cinta Diri, Cinta Sesama, Cinta Belajar, Cinta Kesantunan, dan Cinta Indonesia yang merupakan terjemahan lain dari nilai Pancasila yang dikemas dengan gaya anak muda yang tergabung di dalam organisasi sayap partai Gerindra ini.
Dengan rentetan kegiatan di dalam Tidar Cup ke V, organisasi kepemudaan partai berlambang kepala burung garuda ini tengah meneuhkan diri untuk meraih suara pemilih pemula dalam Pemilu 2014 mendatang. Walaupun, lanjut Fabian, Tidar tidak dibebani target dalam sebuah pemenangan politik 2014, tetapi hanya mengambil isu dan momentum politik untuk kemenangan kaum muda sendiri. “Kemenangan Tidar adalah kemenang kaum muda, bukan kemenangan politisi siapapun karena kami tidak dibebani target apapun dalam partai kami,” imbuh Fabian.
Seperti di sebutkan di awal, bahwa Tidar Cup ke V ini memang menjadi momentum pesta ala anak muda. Banyak sekali kegiatan yang dirancang oleh oranisasi Tidar sejak tanggal 15 Juni hingga 7 Juli yang diselenggarakan di Bali.
Menurut Ida Bagus Putu Oka Suryawan, Ketua Panitia Tidar Cup ke V,rangkaian kegiatan yang sedang dijalankan oleh organisasi Tidar tak lain bersifat sprotif dan kreatif, Karenanya kegiatan yang dilansir adalah berupa olahraga futsal, lomba fotografi, kompetisi mural atau graffiti, dan tarian bebas ala flash mod yang menjadi trend anak muda saat ini. “Untuk mengapresiasi nilai kebudayaan local, kami juga menyelenggarakan festival jukung atau perahu sampan tradisional serta baleganjur yang menjadi kebanggaan Bali,” ujar Putu Oka.
Sejatinya, rangkaian kegiatan bernuasna kreatifitas seni, budaya dan sportif ini berharap bisa menyapa dan mengajak kelompok muda yang saat ini enggan berpolitik. Boleh jadi, dengan kegiatan ini, Gerindra sedang mempersiapkan kader mudanya dan menajak partisipasi penuh kaum muda dalam pendidikan politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar